MONTHLY SICKNESS ( TWO DAYS I HATE THE MOST)

15 Avr

MONTHLY SICKNESS ( TWO DAYS I HATE THE MOST)

2 hari, aku hanya ingin melewati dua hari pertama saja dalam monthly sickness ini, karena itu 2 hari paling menyiksa dalam sebulan. Bayangkan seluruh tubuh ini rasanya remuk redam seperti habis ditabrak tronton, mulai dari kepala yang pusing, dada, punggung, pinggang, perut sampai kaki, sendi-sendi ini juga berasa rontok. Belum lagi kulit yang menjadi sensitif, setiapkali terkena benturan kecil langsung meninggalkan bekas biru seperti habis dianiaya.

Dari artikel yang saya baca, semua tanda yang saya alami adalah tanda siklus menstruasi yang tidak teratur, Tanda-tanda tersebut antara lain :
– Kejang pada punggung dan otot terasa kencang.
– Payudara yang lebih berat.
– Sakit kepala.
– Jerawat bermunculan.
– Waktu tidur yang nggak normal.
– Gangguan pada mood.
– Bengkak-bengkak pada tubuh.

saya rasa siklus saya cukup teratur, tapi mengapa ya 2 hari pertama selalu jadi hari penyiksaan buat saya. Apalagi kram perut alias bahasa kerennya dismenorrhoe, yang suka datang tiba-tiba tanpa diundang, nyerinya bukan main…semua gejala diatas entah kenapa kadang membuat saya jadi melankolis, dalam kondisi penyiksaan itu mood saya juga berubah tidak stabil, kadang emosi tinggi ,tiba-tiba sensitif dan dramatis..lagu-lagu yang saya ingin dengarkan juga lagu-lagu melow, rasanya tenang ditemani lagu I Love U-nya Celine Dion, How Could An Angel Broke My Heart-nya Toni Braxton, atau Kekasih Sejati-nya Monita. Padahal biasanya saya lebih suka dengar Girlfriend-nya Avril Lavigne yang lebih nge-bit.

Iseng, saya coba merenungkan mitos-mitos yang beredar di masyarakat yang saya dapat dari internet dan coba membandingkan dengan apa yang saya alami selama ini.

1. Menstruasi membuat tubuh menjadi lemah.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa darah menstruasi yang keluar banyaknya kira-kira hanya 150 ml atau sekitar 4 sampai 6 sendok saja. Jadi tidak benar kalau tubuh akan menjadi lemas hanya karena Anda sedang menstruasi.

Hmm, mengingat kondisi tubuh setiap orang berbeda, bisa saja dalam kondisi tertekan atau stress ditambah menstruasi bisa menyebabkan tubuh seseorang menjadi lemah. Tapi barangkali tidak berlaku bagi orang yang kondisi tubuhnya fit dan mendapat asupan gizi yang cukup.

2. Sedang menstruasi berarti sedang sakit.

Justru sebaliknya, menstruasi adalah proses alami yang dialami oleh setiap perempuan produktif. Menstruasi berarti perempuan tersebut sehat dan sistem reproduksinya bekerja dengan normal sebagaimana mestinya.

Sekali lagi ini tergantung pada kondisi tubuh setiap orang yang berbeda, memang saya juga tidak setuju disebut sakit, karena itu proses alami, dan bagi saya, saya hanya ingin melewati 2 hari “sakit” itu saja, karena memang rasanya sakiiit semua…

3. Ingin menstruasi lancar, sering-seringlah minum soft drink.

Banyak yang percaya selain memperlancar keluarnya darah, minum soft drink juga dapat mengurangi rasa sakit perut. Sebenarnya belum ada penelitian khusus mengenai hal ini. Sakit tidaknya perut saat menstruasi atau lancar tidaknya darah menstruasi yang keluar semua itu dipengaruhi oleh hormon serta faktor psikis seseorang.
Yup, dulu saya juga percaya mitos itu waktu masih smp, dan ternyata memang tidak ada pengaruhnya dengan memperlancar keluarnya darah. Saya lebih suka minum susu saat menstruasi, dan tidak lupa juga greentea hangat kesukaan saya,setidaknya membuat saya lebih nyaman.

4. Memakai pembalut saat menstruasi bisa menyebabkan kemandulan.

Secara medis justru merupakan metode selama masa menstruasi agar tetap bersih dan tidak lembap. Pada dasarnya semua pembalut itu sehat, tetapi sebagian perempuan ada yang juga mengalami alergi dan iritasi. Hal ini dikarenakan sensitivitas organ kelamin setiap perempuan berbeda. Oleh karena itu disarankan agar saat menstruasi mengganti pembalut sesering mungkin (idealnya setiap 4 jam), terutama ketika sedang banyak-banyaknya keluar darah menstruasi dan setelah buah air kecil atau besar.

Wah bisa dibayangkan kalo sedang menstruasi tanpa menggunakan pembalut, bagaimana kita bisa beraktivitas normal, atau menggunakan pembalut kain yang konvensional seperti jaman nenek kita, no way, saya rasa lebih tidak nyaman lagi. Saya setuju dengan faktor kebersihan, dengan mengganti pembalut sesering mungkin apalagi jika sedang “banjir-banjirnya”.

5. Saat menstruasi dilarang berenang.

Selama memakai pembalut dan tidak merasa risih, berenang saat menstruasi boleh-boleh saja dilakukan. Dan ini sama sekali tidak berpengaruh pada kesehatan. Sebagai saran, jika perut merasa kram, barulah hentikan aktivitas berenang.

Wow..buat saya bukan masalah risih atau tidak risih, bisa-bisa kita di demo gara-gara merubah warna air kolam yang tadinya biru jernih jadi “sirup strawberry”, belum lagi aromanya yang kurang sedap, bisa-bisa mengganggu lingkungan sekitar hehe…demi kenyamanan bersama, sebaiknya jangan dilakukan, berenang saat sedang menstruasi. Kecuali mungkin itu adalah kolam renang pribadi

6. Menstruasi yang normal itu lamanya pasti seminggu.

Tentu saja pendapat ini salah. Setiap perempuan pasti memiliki masa menstruasi yang berbeda dan tidak selalu harus tujuh hari. Perempuan yang memiliki masa menstruasi tiga, empat atau lima hari masih dianggap normal

Yup, saya sendiri kadang tidak sampai 7 hari sudah normal kembali, again, hanya 2 hari pertama itu yang paling menjengkelkan.

7. Jangan minum es saat menstruasi.

Sesungguhnya air dingin tidak memiliki efek apapun saat menstruasi. Terutama efek menghambat aliran darah, selama tidak merasakan sakit ataupun perut kembung, minum air es sah-sah saja.

Hmm,meskipun saya bukan ahli biology, tapi secara logika, tubuh kita punya suhu yang stabil dalam keadaan normal sekitar 36 – 37”C, jadi kalo kita minum air es yang dingin tidak mungkin langsung membuat aliran darah terhambat karena beku, yang ada setelah melewati kerongkongan, dinginnya hanya terasa sebentar, setelah itu dinetralkan lewat suhu tubuh. Teman saya juga ada yang berpendapat begitu, takut minum susu kedelai dingin nanti darahnya membeku, dan saya tidak mendapat penjelasan yang masuk akal dari yang Ia katakan, jadi saya pikir untuk apa kita punya suhu badan.

Apapun mitos yang beredar dimasyarakat, once more, saya hanya ingin melewati 2 hari penyiksaan ini, entah sudah berapa orang yang menjadi korban ketidakstabilan hormon ini.

15 Avril’09 (2 days in suffer)

2 Réponses to “MONTHLY SICKNESS ( TWO DAYS I HATE THE MOST)”

  1. Robor avril 20, 2009 à 1:30 #

    Hello,
    Thanks for article. Everytime like to read you.

  2. yani N avril 25, 2009 à 6:01 #

    you’re welcome….thanks for coming….😉

Laisser un commentaire

